Chat with us, powered by LiveChat
Sabtu, 20 Agustus 2022
» Berita MS, PENGUMUMAN » Kenapa Kita Bangga Dengan Pancasila?
Kenapa Kita Bangga Dengan Pancasila?
Kenapa Kita Bangga Dengan Pancasila?
Oleh: Taufik Rahayu Syam, S.H.I., M.S.I.
(Wakil Ketua MS Simpang Tiga Redelong)
Indonesia adalah negara besar, wilayahnya kurang lebih terdiri dari 17.000 pulau, lautnya terhampar luas, penduduknya terdiri dari berbagai macam agama, ras, bahasa bahkan budaya. Heterogen sekali negeri kita yang besar ini.
Dulu ketika awal kemerdekaan, para founding father kita berdebat hebat soal ideologi apa yang mau di “tancapkan” di negeri ini. Tentu saja masing-masing tokoh ingin menerapkan ideologi yang mereka bawa. Terdapat banyak sekali pilihan.
Tetapi perdebatan itu akhirnya terhentikan, perbedaan itu akhirnya tersatukan. Oleh apa? tidak lain dan tidak bukan oleh PANCASILA. Ibarat dulu ketika Rosulullah saw membuat piagam Madinah sebagai kalimatun sawa bangsa arab kala itu. Pancasila merupakan kalimatun sawa bagi bangsa indonesia.
Entahlah, apa jadinya kala itu kalau para founding father kita berjalan sendiri-sendiri dan lebih mementingkan ego nya masing-masing, mungkin NKRI tidak akan kokoh berdiri seperti saat ini.
Pancasila menyatukan seluruh elemen masyarakat Indonesia, karena sejatinya Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai yang ada pada masyarakat Indonesia.
Jadi, jangan dengarkan mereka yang ingin “meruntuhkan” ideologi bangsa ini, yang dengan piciknya mencoba membenturkan Pancasila dengan agama, padahal Pancasila itu sendiri bukan lah “agama” dan tidak lah bertentangan dengan agama manapun.
Tengoklah di luar sana, banyak negara yang hancur porak poranda karena perang saudara. itu karena mereka tidak punya alat pemersatu bangsa. Mereka masih berdebat tentang ideologi negara. Kenapa? karena tokoh² mereka tidak memiliki kerendahan hati untuk bersatu dan tidak memiliki alat pemersatu.
Betapa hebatnya pancasila, bisa menyatukan kita semua. (TRS)
 Berita Sebelumnya
Terimakasih telah membaca Berita MS, PENGUMUMAN - Kenapa Kita Bangga Dengan Pancasila?. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website MS Simpang Tiga Redelong. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti

*