Sejarah Pengadilan | Mahkamah Syar'iyah Simpang Tiga Redelong

Sejarah Pengadilan

   Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong adalah salah satu Lembaga Peradilan Agama dibawah naungan Mahkamah Agung RI, Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong berada di kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh. Sebelum terjadinya pemekaran wilayah kabupaten Aceh Tengah, Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong dahulunya masih bersatu dengan Mahkamah Syar’iyah Takengon yang terletak di kabupaten Aceh Tengah. Tetapi sejak adanya pemekaran wilayah pada tahun 2004, ada 10 kecamatan yakni Timang Gajah, Pintu Rime Gayo, Bukit, Wih Pesam, Bandar, Syiah Utama, Permata, Gajah Putih, Mesidah, dan Bener Kelipah yang memisahkan diri dari wilayah kabupaten Aceh Tengah menjadi wilayah Kabupaten Bener Meriah. Setelah terjadinya pemisahan Kabupaten antara Aceh Tengah dengan Bener Meriah, tidak serta merta langsung berdiri Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong, selama 7 tahun dimulai dari 2004 masyarakat pencari keadilan Kabupaten Bener Meriah masih dibawah wilayah Mahkamah Syar’iyah Takengon Kabupaten Aceh Tengah.

   Kemudian pada tahun 2012 setelah keluarnya Kepres Nomor: 3 Tahun 2011, resmilah Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong terbentuk, dari keluarnya Kepres tersebut resmilah sudah Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong berpisah dengan Mahkamah Syar’iyah Takengon yang terletak di Kabupaten Aceh Tengah. Perlu diketahui bahwasanya sejak terbentuknya Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong, gedung pertama Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong bertempat di salah satu ruangan di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bener Meriah. Selama 5 bulan melayani para masyarakat pencari keadilan dan beraktifitas di Kantor Kementrian Agama tersebut, setelah itu barulah Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong memiliki gedung sendiri dengan menyewa sebuah gedung di Jalan Bireun-Takengon Pante Raya, hal tersebut berlangsung selama 3 tahun yang berakhir sampai tahun 2014.

   Pada bulan Maret Tahun 2015, resmilah sudah Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong mempunyai gedung sendiri yang dibangun dari alokasi dana DIPA Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong. Gedung Mahkamah Syar’iyah Simpang Tiga Redelong saat ini terletak di Jln. Bandara Rembele Kampung Wonosobo Kecamatan Wih Pesam kabupaten Bener Meriah.

2017 Mahkamah Syar'iyah Simpang Tiga Redelong. All Rights ® Reserved.